Sunday, March 3, 2013

Resep Kue Pukis

     Kue Pukis sungguh istimewa, Kue Pukis merupakan salah satu kue khas indonesia yang dibuat dari tepung terigu dan campuran santan serta gula dan ragi. Bentuk dan warnanya sangat khas, dengan bagian atasnya yang berwarna kuning dan bawahnya yang berwarna kecoklatan. Pukis memiliki rasa yang legit, enak, dan empuk sangat nikmat di lidah. Kue pukis yang dibuat dari kentang atau kue pukis kentang memiliki tekstur yang lebih lembut dan menjadikan kue pukis semakin istimewa.


     Kue pukis mudah ditemukan ditoko kue dan pasar tradisional tak jarang kue ini juga di jajakan di sekitar kampung atau sekolah. Variasi Kue pukis istimewa terletak pada tambahan toping maupun penambahan bahan untuk membuat kue pukis. Kue pukis pandan dibuat dengan menambahkan ekstrak daun pandan kedalam bahannya. Kue Pukis keju dengan memberikan taburan keju sebagai topingnya. Sedangkan dari bentuknya kue pukis yang banyak dijumpai biasanya berukuran besar, sedang dan mini. Kue Pukis mini biasa dijajakan sebagai jajanan anak anak sementara aneka kue pukis lainnya bisa digunakan untuk berbagai acara baik formal maupun non formal.

     Cetakan Kue Pukis Sama dengan cetakan kue pancong sehingga bentuknya pun mirip. Menurut informasi kue pukis ini berasal dari gombong sebuah kota di kabupaten kebumen namun Kue Pukis cukup di kenal di berbagai daerah di Nusantara dan cukup familiar. Di Jawa Tengah selain kue pukis gombong ada juga kue pukis banyumas yang memiliki bentuk lebih besar dan tebal tapi pada dasarnya kue pukis banyumas sama dengan kue pukis gombong. Sementara di daerah lain di Indonesia Kue Pukis memiliki bentuk mini dan dikreasikan dengan memberikan toping atau taburan diatasnya.

      Setelah banyak bercerita tentang kue pukis, sekarang kita akan belajar membuat kue pukis istimewa yang banyak disukai yaitu kue pukis kentang dengan taburan coklat meises( kue pukis coklat ) dan taburan keju ( kue pukis keju ). Untuk lebih jelasnya berikut Resep Kue Pukis Kentang Istimewa.

Bahan Resep Kue Pukis Istimewa :

- santan 200 ml
- ragi instan ½ sdm
- air hangat 50 ml
- telur ayam 3 butir
- gula pasir 100 g
- tepung terigu 150 g
- kentang ukuran sedang 1 buah  ( cuci, potong, rebus empuk dan haluskan )
 

Topping Kue Pukis:

- coklat meises
- keju Parut

Cara membuat Kue Pukis Istimewa  :


- Panaskan santan sampai mendidih kemudian Angkat dan Diamkan agar hangat. 
- Ragi diaduk bersama air hangat sampai membuih, tidak harus sampai berbuih 
  banyak,
- Gula dikocok dengan telur sampai mengental dan adonan mengembang.
- Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil di aduk sampai rata dengan mixer kecepatan rendah. Tambahkan larutan ragi setelah itu masukan kentang halus baru kemudian masukan santan, kocok adonan sampai rata. Biarkkan selama 15 menit.
    Panaskan cetakan kue pukis menggunakan api yang sedang, pastikan cetakan panasnya merata agar hasil kue lebih maksimal kemudian olesi cetakan kue pukis dengan minyak atau margarin.
    Tuangkan adonan kue pukis kedalam cetakan sampai 2/3 tinggi cetakan, jangan lupa kemudian tutup.
    Saat bagian atas mulai matang dan tidak basah taburkan keju atau coklat meises, lalu tutup kembali selama 15 sampai 20 detik hingga coklat atau keju sedikit meleleh dan menempel. Angkat kue pukis istimewa dari cetakan untuk dihidangkan.

Anda dapat mengkreasikan aneka kue pukis anda sendiri dengan cara mengganti bahan toping menurut selera anda. Ukuran Kue tergantung dari besar cetakan gunakan cetakan kecil jika anda ingin membuat kue pukis mini. Selamat mencoba resep kue diirumah dan semoga bermanfaat.

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 4:28 PM Kategori:

2 comments: