Friday, November 9, 2012

Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan


Selamat siang sobat,, aduuhh dah lama nih saya ga posting gara-gara Sibuk di Kuliah Dengan Ujian, tapi sekarang saya mu posting nih dari pada bosen mending posting, semoga aja bermanfaat bagi teman-teman, Sekarang nih saya akan menjelaskan Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan .


Bawang merah (Allium cepa L. Kelompok Aggregatum) Merupakan Tanaman yang digunakan sebagai penyedap pada makanan ini memiliki manfaat besar bagi kita misal nya ,di buat bawang goreng, membuat sambal,membuat sayur,pelengkap rasa,dan masih banyak lagi .




Tidak cuma itu Bawang Merah juga bermanfaat Bagi tubuh kita dan bisa mengobati penyakit, Di antara nya :


  1. Mengobati Batuk
  2. Menyembuhkan sakit kepala
  3. Melancarkan buang air Besar
  4. Rambut rontok
  5. Haid tidak teratur
  6. Demam Pada anak 
  7. Perut kembung pada anak
  8. Menyembuhkan penderita asma
  9. Menurunkan tekanan Darah dan kadar lemak
  10. Mengobati cacing Dan Wasir

Berikut Sebagian cara mengobati Penyakit :
Demam
Perut Kembung pada Anak-anak Ramuan: Umbi Bawang Merah (potong tipis) secukupnya Minyak Kelapa secukupnya Minyak Kayu Putih secukupnya Cara pembuatan: Diremas-remas. Cara pemakaian: Minyak tersebut dioleskan pada perut yang kembung, seluruh badan, kaki, dan tangnn pada anak yang demam.

Batuk
Siapkan umbi bawang merah 4 gram, daun poko segar 4 gram, daun sembung segar 4 gram, herba segar 4 gram, buah adas 2 gram dan air 125 ml. Caranya dengan dipipis, dibuat infus atau pil dan dapat dipergunakan sehari sekali dengan diminum. Lama pengobatannya selama 14 hari.

Kencing Manis
Siapkan umbi bawang merah (dirajang) sebanyak 4 gram, buah buncis (dirajang) 15 gram, daun salam (dirajang) 10 helai dan air 120 ml. Caranya dibuat infus dan diminum sekali 100 ml. Lama pengobatannya 14 hari.



Dari hasil penelitian, ternyata ekstrak umbi Bawang Merah dengan dosis 250 mg/kg bb, menyebabkan penurunan kadar gula darah normal sebesar 23,46%,
Pada pemberian tolbutamid dosis 250 mg/kg bb secara oral, menunjukkan penurunan kadar gula darah normal sebesar 22,21%, dan pemberian air suling dengan takaran 5 ml/kg bb secara oral menunjukkan penurunan kadar gula darah normal sebesar 3,00%. Tri Purwaningsih, 1991. FMIPA Farmasi UI,

efek protektif Bawang Merah pada kerusakan hati akibat karbon tetraklorida. Dari hasil penelitian tersebut, ternyata Bawang Merah menghambat peningkatan GPT plasma dan kerusakan jaringan hati akibat CCl4.


Di ambil dari Berbagai sumber : http://tipsku.info/manfaat-bawang-merah/

Ditulis Oleh : Lukman Inayah Hari: 7:09 AM Kategori:

1 comments:

  1. mantaff

    kunjungi blog : http://christian-xp.blogspot.com/

    kunjungi blog : http://christian-xp.blogspot.com/


    kunjungi blog : http://christian-xp.blogspot.com/

    ReplyDelete