Thursday, April 5, 2012

Macam - Macam dan Rahasia dari Repah - Rempah untuk masakan

1. Bawang Merah
Termasuk rempah flavoring yang mampu memberikan cita rasa yang dapat meningkatkan selera pada setiap hidangan. Rasa pedas ketika bawang masih mentah akan berubah menjadi rasa manis sesudah dimasak

2. Bawang Putih
Bawang putih mentah memiliki flavor pedas yang sangat tajam yang berasal dari minyak atsirinya, rasa bawang putih segar yang tajam akan menghilang setelah dimasak atau digoreng. Digunakan secara luas sebagai bumbu masakan untuk berbagai jenis masakan karena flavornya yang kuat dapat meningkatkan flavor lainnya. Selain itu bawang putih memberikan rasa gurih pada masakan dengan aroma yang kuat.

3. Bawang Bombay

Bawang bombay segar memiliki flavor yang pedas, tajam dan lachrymatory (dapat memberi efek menangis). Selama pemasakan, flavornya berkurang dan rasanya menjadi lebih manis. Dalam keadaan kering memiliki bau yang harum, tajam, dan pedas serta flavor yang lembut. Bawang bombay memberi rasa dan aroma yang gurih pada masakan. Flavornya yang kuat dan memiliki daya simpan yang tinggi. Paling cocok untuk jenis masakan tumisan

4. Kari
Kari merupakan hidangan savoury dari daging, ikan atau sayuran yang disajikan dalam saus yang pedas & Spicy. Tiap saus seperti halnya dalam kari memanfaatkan campuran rempah-rempah yang didasarkan pada selera individu. Campuran berbagai bumbu tersebut disebut garam Masala yang merupakan campuran berbagai rempah dalam bentuk utuh atau bubuk dengan rasa ringan sampai kuat. Tidak ada jenis yang spesifik dan baku semua bumbu atau rempah yang digunakan berasal dari rempah-rempah asli India.

5. Cengkeh
Berupa tangkai bunga kering, memiliki penampakan yang cerah, seragam denga berwarna merah kecoklatan. Cengkeh memiliki flavor yang sangat kuat, pedas/tajam selain itu memiliki sensasi rasa pahit dan astringentatau sepat di mulut. Dalam masakan, cengkeh ditambahkan untuk memberikan aroma harum yang kuat sekaligus hangat serta untuk mengurangi bau-bauan yang tajam. Di Amerika, cengkeh digunakan pada daging, salad dressing, dan dessert. Bumbu- bumbu Cina dan Jerman juga menggunakan cengkeh untuk memberikan flavor pada masakan daging dan cookies.

6. Daun Jeruk

Daun jeruk banyak digunakan sebagai pengharum dan penghias masakan. Masakan Thailand banyak menggunakan daun jeruk.

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 10:51 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment