Tuesday, September 11, 2012

Tips Awet Muda


1. Tidak Rakus Makan : Masuknya kalori berlebihan akan mempengaruhi metabolisme tubuh yang dapat mengundang penyakit yang kemudian memicu terjadinya proses penuaan lebih cepat.
2. Diet Seimbang : Mulailah menjalani diet kalori seimbang dengan jumlah karbohidrat sekitar 50%-60%, protein 10%-20% dan lemak 20%-30%. Sehingga total yang dibutuhkan setiap hari ±1.500 kalori.
3. Menjaga Berat Badan : Bagi mereka yang memiliki berat badan ideal, akan lebih jauh dari berbagai penyakit.
4. Kurangi Garam : Konsumsi garam sebaiknya tidak lebih dari 1 sdt setiap hari, terlalu banyak mengkonsumsi garam akan menyebabkan tekanan darah tinggi dan stroke.
5. Makanlah Dengan Porsi Sedikit Tapi Sering : Makan dalam porsi kecil setiap 4-5 jam, sehingga dapat memperbaiki metabolism hormon-hormon dalam tubuh. Selain itu, tubuh juga dapat bekerja lebih efektif, sehingga organ-organ tidak cepat rusak.
6. Banyaklah Minum Air Putih : Minumlah air putih sebanyak ±8 gelas setiap hari yang berfungsi untuk memperlancar aliran darah yang membawa oksigen dan sumber energy ke organ-organ tubuh.

7. Minum Susu Kedelai : Minumlah susu kedelai 1 gelas setiap hari, karena mengandung lesitin yang berfungsi untuk mendorong regenerasi sel. Sehingga kesehatan kulit selalu terjaga dengan baik.
8. Rajin Makan Ikan : Ikan laut kaya akan kandungan lemak omega 3 yang akan menurunkan kadar trigliserida (lemak). Sehingga dapat mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah. Mengkonsumsi ikan laut 3 kali dalam seminggu sudah cukup baik untuk tubuh.
9. Dua Gelas Susu Sehari : Susu merupakan sumber kalsium terbaik yang bermanfaat untuk memperkuat tulang, sehingga tidak cepat keropos. Selain itu, asam lemak susu juga berkhasiat untuk menajaga kelembaban dan kehalusan kulit.
10. Rajin Makan Sayuran : Pada saat dimasak, sayuran akan kehilangan sekitar 30 vitamin C dan 5 beta karotin. Pada hal kedua zat tersebut berfungsi sebagai antioksidan alami  yang bisa melindungi sel-sel tubuh dari radiasi bebas. Bila ingin memasak sayuran, masaklah sebentar saja dan usahakan warna hijau sayuran tidak menjadi gelap.
11. Jangan Memusuhi Alpukat : Buah yang satu ini mengandung protein, karbohidrat, zat besi, beta karoten, vitamin B komplek dan asam folat. Semua zat tersebut berkhasiat untuk melembutkan dan mengenyalkan kulit, menyuburkan rambut dan melindungi kulit dari sinar matahari.
12. Pilih Tempe : Jika mengkonsumsi tempe secara teratur, tempe dapat menghambat terjadinyamenopause dini. Karena tempe kaya akan kandungan phytoestrogen.
13. Kurangi Daging : Kebanyakan daging merah mengandung senyawa jahat (HCA) dan radikal bebas yang berpotensi untuk merusak sel tubuh. Konsumsilah daging seminggu sekali atau dalam porsi yang tidak berlebihan.
14. Banyak Makan Aneka Buah : Buah memiliki fungsi menjaga keseimbangan air dalam tubuh.
15. Konsumsi Brokoli : Brokoli bekhasiat untuk mempercepat proses penyembuhan dan mencegah penuaan dini. Karena brokoli mengandung beta karoten dan vitamin C.
16. Hindari Makanan Kaleng : Biasakan mengkonsumsi makanan segar, karena kandungan gizinya masih terjaga.
17. Cukupi Kebutuhan Vitamin C : Vitamin C sangat penting untuk menangkal zat-zat radikal bebas (racun) di dalam tubuh.
18. Jangan Merokok : Tidak hanya mengundang penyakit jantung koroner, merokok juga menjadi racun yang membuat sel kulit tubuh menjadi kering dan kusam..

19. Olah Raga Teratur : Dengan olah raga secara teratur, akan membantu sirkulasi dan suplai oksigen ke seluruh tubuh menjadi lancar. Sehingga kulit menjadi tampak lebih cerah dan segar.
20. Tidurlah Dengan Nyenyak : Tidur yang berkualitas minimal 8 jam sehari dapat membuat Anda bertenaga kembali setelah seharian melakukan aktifitas yang cukup padat.

Sumber : Tabloid NOVA


Ditulis Oleh : Unknown Hari: 4:00 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment