Tuesday, October 16, 2012

Cara Membuat Tahu Awet Lebih Lama



TAHU merupakan bahan makanan murah meriah selain tempe, yang sama-sama terbuat dari kacang kedelai. Meski banyak orang sudah akrab dengannya, mungkin hanya sebagian yang mengetahui cara menyimpan tahu agar awet lebih lama.

Tahu digolongkan sebagai bahan makanan yang sensitif terhadap kontaminasi bakteri. Langkah pencegahan awal adalah segera memindahkan tahu setelah dibeli bila masih dalam keadaan dibungkus plastik.

"Segera pindahkan tahu karena air yang ada di dalam tahu belum tentu higienis," kata Wanti Yulianti, Public Relations Tahu susu Lembang, tempat pembuatan tahu ini terletak di rumah produksi Tahu Susu Lembang, Bandung, Jawa Barat.

Setelah dipindahkan, langkah berikutnya adalah mencuci tahu dengan air matang. Cara ini akan menyingkirkan bakteri yang mungkin berkembang di dalam rendaman air.

"Cukup sekali saja membilasnya. Ada baiknya memakai air hangat sebab air hangat akan mematikan bakterinya," tambahnya.

Setelah itu, tiriskan tahu, taruh dalam wadah terbuka, dan simpan di dalam kulkas. Lama penyimpanan tahu dalam kulkas bisa mencapai tiga hari, dan kalau dicuci terlebih dahulu, tahu bisa awet hingga sepekan. Sementara bila diletakkan di udara terbuka, tahu bungkus plastik hanya tahan dua hari.

Selama disimpan dalam kulkas, tahu sebaiknya diletakkan pada wadah terbuka. Biarkan tahu terkena udara dingin dari kulkas.

"Semakin terkena udara dingin, maka tahu akan merasa semakin sejuk. Bila disimpan dalam plastik kedap udara, maka aroma plastik akan mudah membuat tahu terkontaminasi," tutupnya.

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 7:06 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment